icetotea-billboard

Mempercantik Blog, Pilih Template yang Baik dan Benar Seperti Fiksioner V.4 Ini



Semua blogger pasti mau ya banyak pembaca yang mampir di tiap postingan blognya. Tujuan utamanya adalah tulisannya muncul di halaman pertama atau page one-nya google. Aku mau share beberapa tips biar tampilan blog kita makin keren dengan cara mengganti template blog dari yang tadinya kita pakai punya blogspot jadi pakai template fiksioner dari Igniel.








Sebelumnya aku mau kasih tau kalau template awal yang aku pakai untuk blogku adalah Emporio dari Blogspot. Aku lumayan suka karena simple dan gak terlalu banyak ornamen. Tapi seiring waktu ternyata baru tau kalau layout, tema, cara kita menata susunan blog kita juga berpengaruh terhadap SEO. Disitulah aku mulai belajar untuk ngulik lagi tampilan blogku.
Bagaimana membuat tampilan blog yang menarik?

Dari yang sudah aku praktekkan, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mempercantik tampilan blog. Mempercantik sebetulnya bukan yang kita harus menambahkan banyak warna, efek butiran salju bertaburan atau gambar-gambar animasi seperti blog jaman dulu. Mempercantik disini lebih untuk merapikan format tulisan kita, menata lagi susunan layout untuk widget dan lainnya supaya pembaca lebih nyaman membuka tiap halaman di blog kita.

So, here it is beberapa tipsnya..


1. Memilih template yang tepat, baik dan benar. Ini yang akan kita bahas secara lengkap di tulisan kali ini.

2. Mengatur navigasi yang gak ribet. Pastikan pembaca dan terutama diri kita sendiri mudah untuk mengakses artikel yang ada di blog.

3. Tuliskan deskripsi singkat. Misalnya tentang siapa kita dan apa tema blog yang kita buat supaya pembaca semakin tertarik datang lagi.

4. Buat judul dan kata kunci yang menarik. Karena pembaca pasti langsung tertarik dari judul pertama yang dilihat. Pastikan kata kuncinya relate dengan tulisan di dalam artikel.

5. Pastikan untuk lebih memperhatikan susunan heading dan subheading.

6. Tambahkan media seperti foto dan video di setiap postingan.

7. Perhatikan warna tema dan white space. Baiknya kita menerapkan paling banyak 3 warna untuk tampilan blog, jika lebih dari itu pembaca akan pusing karena terlalu banyak warna di layar. Begitu pula white space, warna latar belakang putih sangat disarankan jadi jangan buat warna background kamu hijau dan warna teks putih ya. Auto kabur pembaca nantinya.

8. Tambahkan fitur seperlunya seperti drop down, back to top button, dan tombol share.

Yang akan kita bahas sekarang terutama menngenai template, karena di task ke 8 Blogspedia kali ini diwajibkan untuk mengutak-atik tampilan blog.
Apa itu template blog?

Template blog atau blogger template adalah sebuah file desain blog yang dapat kita terapkan untuk merapikan susunan dan tampilan blog kita. Template biasanya dibuat oleh para ahli IT karena di dalam file template biasanya terdiri dari beberapa susunan yang orang awan sepertiku bakal terpukau untuk melihatnya. File template biasanya berupa file XML. Didalamnya akan kita lihat banyak kode seperti:

kode CSS yang diawali dengan kode <b:skin> dan akan diakhiri dengan </b:skin>
Kode HTML dimulai dengan tag <div> dan diakhiri </div>
Kode JS atau JavaScript mulai dengan <script> dan diakhiri</script>


Memilih template yang responsive


Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum memilih template dan yang paling utama adalah responsive, artinya susunan blog kita tidak akan berubah walaupun kita memakai device yang lebih kecil seperti handphone atau tablet.
SEO friendly is a must

Pilih template yang memiliki struktur atau susunan data yang tepat. Dengan begitu Google akan dengan mudah menjangkau blog kita, itu kan yang paling kita mau, artikel kita muncul di page one atau halaman-halaman awal pencarian Google.
White Space

Seperti yang sudah kusebutkan tadi kita harus lebih memperhatikan area putih di blog kita. Jangan biarkan terlalu banyak warna bercampur. Kombinasi 2 atau 3 warna masih oke, lebih dari itu jangan ya.

Sampai disini aku sudah cukup paham kalau membuat template itu tidak mudah jadi bersyukur banget waktu tau banyak blogger yang sudah ahli membuat template keren. Di antaranya ada yang berbayar, ada juga yang gratis, tinggal kita pilih saja sesuai kebutuhan.

Untuk saat ini template gratis yang aku pilih adalah tema fiksioner dari Igniel. Nanti aku kasih tau cara pemasangannya ya.
Bagaimana cara mengganti template?


Tampilan Home memakai template blogspot





Tampilan Home memakai Fiksioner v.4




Sebelum kita bahas cara mengganti template kita harus tau ada template dari blogspot dan ada juga template pihak ketiga yang dapat didownload dengan mudah.
Dimana situs download template blog?


Pilihanku langsung jatuh pada Igniel. Sebetulnya banyak banget ya pilihan template yang bagus dan sesuai sama kriteria template tadi. Tapi aku langsung download template Fiksioner v.4 nya Igniel atas arahan coach Marita. Setelah dipraktekkan ternyata memang tidak terlalu sulit untuk prosesnya.
Download file .xml template Fiksioner v.4 by Igniel

Klik tombol download untuk mengunduh file secara gratis atau klik "Beli Versi Premium" kalau kamu mau bebas edit template tersebut.

Setelah berhasil download, filenya bisa kamu lihat dengan format .zip kemudian ekstrak file biar kamu bisa copy+paste kode html nya ya. mempastikan membuka file.xml nya menggunakan notepad supaya bisa terbuka semuanya.

Selanjutnya di dashboard blog buka bagian tema (Theme), kalau kamu mau menyimpan template yang sebelumnya dipakai, klik cadangkan ya biar datanya bisa dipakai lagi.

Jika sudah langsung klik edit HTML di segitiga kecil tadi lalu hapus semua kode yang ada lalu paste/tempel kode html Fiksioner v.4 nya di dalam kolom yang sudah dikosongkan lalu klik save. Gampang kan? Tapi belum selesai di situ ya. Masih banyak yang harus kita edit supaya isinya sesuai dengan blog kita.

nah kebetulan fiksioner versi 4 ini ada beberapa bagian yang dilengkapi oleh coach Marita jadi semakin banyak bagian yang aku suka terutama daftar isi.

Post a Comment