icetotea-billboard

Mau Brownies Gluten Free? Ini Dia Resep Brownies Ketan Hitam Panggang



Siapa teman nonton disini yang doyan banget ngemil? Ngemil yg manis dan coklat? Nih aku bagi kesukaanku, resep brownies ketan hitam panggang. Langsung kebayang gak tuh gimana legit dan menggiurkannya? Terus kenapa sih harus pakai ketan hitam? Simak selengkapnya yaa..







Gluten Free


Apa sih gluten? Protein yang terdapat dalam gandum beserta turunannya seperti tepung terigu disebut gluten karena di dalam tubuh bahan makanan tersebut susah dicerna karena menempel seperti lem.

Biasanya orang melakukan diet gluten atau menghindari makanan yang mengandung gluten karena sensitif terhadap senyawa ini, tapi ada juga (banyak) yang menerapkan diet bebas gluten supaya lebih sehat dan juga menurunkan berat badan.

Tidak hanya terdapat pada roti, pizza atau pasta saja, gluten bisa juga ada didalam snack atau keripik bahkan makanan kaleng yang kita makan.

Nah karena tepung terigu merupakan bahan olahan yang mengandung gluten, jadi kali ini aku mau bikin cemilan bebas gluten dengan membuat brownies panggang memakai tepung ketan hitam.
Kenapa brownies tepung ketan hitam?

Sudah pasti karena tepung ketan bebas gluten, murah dan mudah didapat mau cari di pasar tradisional ada, di supermarket besar? Pasti ada. Kalo ga ada? Beli online buanyaakkk hehehe.

Tepung ketan hitam memiliki banyak banget manfaat untuk tubuh antara lain:

  • Tinggi antioksidan yang dapat membantu organ hati untuk membuat zat-zat yang bersifat merusak tubuh kita
  • Kaya serat sehingga membantu pergerakan usus, mencegah diare dan menjaga kesehatan pencernaan.
  • Kandungan vitamin E yang tinggi membantu menjaga daya tahan tubuh
  • Proteinnya membantu menjaga kesehatan tulang,meningkatkan pembentukan sel dan membangun jaringan tubuh seperti kulit dan juga tulang
  • Pewarna alami makanan karena warnanya yang coklat keunguan dan pekat tidak perlu lagi menambahkan pewarna makanan lagi jika ingin membuat olahan makanan

Bahan dan Persiapan






Setelah kamu tahu apa aja manfaat ketan hitam untuk tubuh kita, yuk kita bikin brownies menggunakan bahan utama yaitu tepung ketan hitam. Alat yang perlu disiapkan tidak banyak hanya perlu whisker, panci kecil, panci sedang, loyang dan kertas roti.
 

Bahan:


Tepung ketan hitam 100gram

Margarin 50gram

DCC 150gram

Minyak goreng 40ml

Cokelat bubuk 35 gram

Telur 2 butir

Gula aren 150 gram

Opsional: Nescafe coffee 2 sachet
Catatan:

DCC atau dark cooking chocolate, kamu bisa pakai merk apapun, biasanya di minimarket ada tuh merk tulip dan collatta. Tepung ketan hitam dan margarin juga bebas mau pakai merk apa, yang ku pakai di resep kali ini semuanya mudah dibeli baik di supermarket maupun di pasar.

Untuk DCC baiknya dilelehkan dengan metode double boiling supaya tidak langsung terkena panas tinggi dari panci yang bisa menyebabkan gosong hehe.

Double boiling dilakukan dengan cara menyiapkan 2 panci dengan salah satunya berukuran lebih kecil, panaskan sedikit air di panci yang lebih besar hingga mendidih, letakkan panci yang lebih kecil di atasnya untuk melelehkan coklat batang.

Di resep ini aku memakai gula aren atau palm sugar karena kalorinya yang lebih rendah dan juga gula aren memiliki wangi yang khas. Atau kamu juga bisa ganti dengan gula pasir biasa juga boleh. Ditambah kopi bubuk yang makin menambah wanginya semerbak. Tapi ini opsional ya sesuaikan dengan selera kalian.

Langkah selanjutnya membuat brownies ketan hitam panggang..


Setelah semua bahan dipersiapkan yuk kita mulai praktek kan membuat brownies gluten free ini.

  1. Langkah pertama kocok telur dan gula menggunakan whisker, boleh juga memakai mixer tapi pastikan tidak terlalu lama ya, hanya sampai sedikit larut gulanya.
  2. Selanjutnya tuang coklat dan margarin yang sudah dilelehkan, aduk hingga semua bahan tercampur rata 
  3. Ketiga, tuang tepung dan coklat bubuk yang sudah diayak ke dalam adonan yang sudah menyatu, aduk hingga rata.
  4. Langkah terakhir tuang kedalam loyang yang sudah dialasi kertas roti, ratakan dengan spatula supaya permukaan rata lanjutkan dengan menambahkan topping sesuai selera kamu lalu masukkan kedalam oven. Panggang dalam suhu 170-180 derajat Celcius selama 10-15 menit. Sesuaikan dengan oven yang kamu punya ya teman nonton. 



Cringgg. Voila, brownies kesayangan sudah jadi dan siap dihidangkan. Brownies bisa kita santap saat masih hangat dan lumer atau biarkan dulu sampai suhu ruangan atau dingin di kulkas jika kamu suka tekstur yang chewy. Aku sendiri lebih suka untuk dinginkan dulu dikulkas supaya teksturnya chewy saat digigit.

Kesimpulan..

Secara keseluruhan, rasa brownies yang aku buat ini tidak jauh berbeda dengan brownies biasa yang dibuat dengan tepung terigu, sama-sama legit dan nyoklat banget. Perbedaannya hanya di teksturnya yang sedikit kasar. Aku sendiri kurang tau apakah memang semua tepung ketan hitam seperti ini atau beda merk juga beda teksturnya. Tapi gak jadi masalah karena gak mengurangi rasanya yang oke banget.

Oiya di balik pembuatan brownies ini aku dibantu owner Ngemil Brownies yang jago banget masak dan bikin brownies fudgy chewy shiny pokoknya enak banget. Makasih Bunda Nina sudah mau ngebantu aku bikin resep brownies tepung ketan panggang ini. Tunggu kami di resep selanjutnya ya hehhee.
Total Biaya Bahan:

DCC Mercolade 7.000

Gula Aren 10.000

Telur 4.000

Minyak Goreng 1.000

Topping 10.000

Tepung Ketan Hitam 6.000

Cocoa Powder Bensdrop 4.000

Nescafe 3.000

Royal Palmia 2.500

Total : 47.500

2 comments

  1. Wah malem-malem jadi pengen ini mb. Bisa dicoba buat bocil nih. Baru tau lho aku ada brownies dari ketan hitam. Kayaknya mb Tia suka masak-masak ya di rumah. Betah ini keluarga ga jajan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang cuma masak yang disuka atau yang dipengen aja mb hehe terima kasih sudah mampir

      Delete