icetotea-billboard

16 Tahun Nanamia Pizzeria, Mempertahankan Predikat Pizza Ter-enak di Jogja


Kamu penganut pizza versi mana, Italia atau Amerika? Jangan bilang semuanya dong...Rasa dan variasi pizza memang relatif ya tapi pizza terenak di jogja sepakat Nanamia Pizzeria gak sih?itu lho yang masakknya dipanggang di tungku bukan di oven.


Kenalan Dulu Sama Pizza Terenak di Jogja

“La Cucina Tradizionale Della Mamma”- "Seperti masakan Ibu"


Kenapa pizza? Kenapa gak kita bahas aja gudeg, oseng mercon, atau bakpia? Karena ketiganya udah khas banget dong di jogja. Sebagai kota wisata, makanan otentik pasti ada dan banyak yang enak-enak. Sudah pasti dicari oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Tapi ini pizza dong, dan otentik Italia. Pemiliknya adalah pasangan beda negara. Sang istri yang asli Indonesia dan suaminya asli Italia. Mereka berdua mendirikan Nanamia Pizzeria pada tahun 2007, resminya pada tanggal 10 September 2007. Wah udah 16 tahun!
Dimana lokasi Nanamia Pizzeria

Lokasi pertama Nanamia Pizzeria ada di Jalan Mozes Gatotkaca dekat dengan Universitas Sanata Dharma. Awalnya area itu bukan jalan besar yang banyak dilewati orang, tapi setelah adanya Nanamia langsung penuh untuk parkir kendaraan. Dari yang mulai dengan satu petak ruko, seiring bertambahnya pecinta Nanamia hingga akhirnya sekarang mereka "menghuni" tiga petak yang selalu ramai pengunjung.

dokumen pribadi







"Rumah" Nanamia sangat bergaya Eropa klasik. Dengan banyak ornamen kayu, cat kuning khasnya yang mengundang mata untuk melihat, gambar dan tulisan di dinding dengan bahasa Italia serta musik asli Italianya yang selalu diputar membuat kita seperti sedang berada di Napoli, asal muasal pizza otentik Italia dibuat.

Begitu sampai di terasnya kita akan disambut kakak waitress/waiter dengan senyum hangat untuk mempersilahkan kita memilih tempat duduk serta menanyakan berapa kursi yang kita butuhkan. Setelah duduk kita akan diberikan sebuah daftar menu dengan bahasa Italia yang untungnya ada deskripsi di dalamnya.

Oiya dulu di awal Nanamia berdiri, tungku pembakaran yang dipakai untuk memasak pizza berada di paling depan sebelum area dining sehingga pengunjung bisa secara langsung melihat proses pemanggangan pizza. Tapi sekarang tungku tersebut dijadikan monumen karena setelah renovasi dapurnya pindah ke sisi lain bangunan.

Pengalaman pertamaku melihat menu betul-betul membutuhkan sekitar lima menit untuk memilih makanan dan minuman yang aku mau. Bayangan pizza dengan berbagai macam topping langsung muncul di kepala. Daging, keju, olive, nanas, bayam? Iya bayam, yang sering kita makan untuk sayur bening hahaha.

Nanti akan ku jelaskan lebih detail untuk menunya ya. Kembali lagi ke rumah Nanamia. Melihat antusiasme pecinta kuliner terutama pecinta Nanamia, akhirnya dibangunlah rumah keduanya di jalan Tirtodipuran, kali ini lokasi yang sangat strategis untuk wisatawan dari mancanegara karena dekat dengan Keraton Jogja dan juga Alun-alun.

Rumah kedua ini menurutku lebih besar karena di bagian belakang terdapat taman dengan rumput yang juga dipakai untuk area dining. Sama seperti rumah pertama mereka di mozes, di Nanamia Tirtodipuran juga terdapat kids corner yang diisi dengan buku dan mainan blok dari kayu. Anak-anak pasti betah bermain di area itu.

Tidak seperti Nanamia South (Tirtodipuran), Nanamia North (Mozes) tidak mempunyai area outdoor yang beralaskan rumput, tapi disana nuansa Eropa sangat terasa bisa dilihat dari beraneka macam pajangan dinding dan lantunan musik khas Italia.

Pizza Italia vs Pizza Amerika


Kita yang besar di Indonesia ini udah pasti lebih familiar sama pizza Amerika. Iyalah di setiap kota besar pasti ada restoran nya. Dengan lapisan adonannya yang tebal dan bermacam toping yang lezat pas banget buat bikin kenyang. Tapi kalian udah tahu belum apa bedanya pizza Amerika dan pizza Italia? Dan apa yang menjadikan pizza di Nanamia menjadi pizza terenak di jogja?
  • Sejarah: pizza Italia disebut sebagai mahakarya tradisi yang muncul di abad 18 oleh masyarakat Italia di Napoli. karena sempurnanya perpaduan antara bahan dan proses yang sederhana namun menghasilkan rasa yang otentik dan luar biasa. Pizza Amerika tercipta karena adanya imigran dari Italia di abaabad 20 yang lama kelamaan menciptakan pizza dengan begitu banyak keunikan.
  • Adonan: pada pizza Italia biasanya adonan terbuat dari tepung gandum, ragi dan sedikit minyak zaitun. Diproses hingga menciptakan tekstur yang khas dan renyah. Pizza Amerika biasanya terbuat dari tepung terigu, ragi, gula dan air serta lebih banyak minyak. Perbedaan yang mendasar terdapat pada ketebalan nya yang membuat pizza Amerika lebih cepat membuat kenyang.
  • Saus dan topping: pizza Italia dipoles dengan saus tomat khas Italia dengan campuran tomat san marzano dan rempah khasnya seperti oregano dan minyak zaitun yang menciptakan rasa manis, asam namun tetap segar. Topping yang dipilih pun sederhana dan tidak banyak variasi seperti keju, daging, paprika dan kombinasi sayuran lainnya. Sedangkan saus pada pizza Amerika ditambahkan bumbu seperti bawang, gula dan rempah lainnya untuk menyeimbangkan topping nya yang melimpah seperti kombinasi daging, paprika, pepperoni dan masih banyak lagi variasinya.
  • Metode memasak: tungku pembakaran menggunakan kayu menjadi ciri khas pembuatan pizza Italia yang menciptakan adonan renyah dan rasa khas sedangkan pizza Amerika dipanggang menggunakan oven konvensional dengan suhu yang stabil dan tingkat kematangan yang merata.

Jadi sudahkah kamu semakin penasaran dengan kelezatan pizza Italia? Yuk kita ke tempat dimana pizza terenak di jogja berada.
 

Il Menu


Pertama kali aku makan di Nanamia adalah karena kakak iparku, dia yang sering mengajakku mencoba makanan baru. Karena waktu itu aku masih SMA dan gak paham sama sekali, akhirnya dia memutuskan untuk memilih salah satu pizza yang sepertinya sudah pernah ia pesan juga, namanya paesana.

Seunik namanya, pizza ini datang dengan topping keju mozzarella dan bayam. Serius ini beneran bayam. Toppingnya yang creamy bikin lidah dan mulutmu bakal bekerja ekstra untuk mencerna keunikan rasanya.

dokumen pribadi







Gak bosan sampai disitu dengan olahan bayamnya, ada juga oven baked potato. Sebuah kentang yang dipotong menjadi dua lalu diberi topping sama seperti paesana yaitu bayam dan mozzarella lalu dibungkus aluminium foil dan dipanggang hingga matang. Aku jelas merasakan kombinasi mozzarella dan butter yang meleleh di mulutku bercampur kentang dan bayam.

Di kemudian hari aku melanjutkan mengunyah sembari membuat kenangan di Nanamia bersama dengan laki-laki yang sekarang menjadi suamiku. Jujur memang seromantis itu vibes-nya.

Pesanan favorit kami adalah pizza Giovanni yang topping nya terdiri dari mozzarella, beef salami dan paprika. Tapi kami juga pernah menjelajah rasa dengan memesan Rustica yang khas dengan potongan black olivenya serta Hawaii dengan potongan nanasnya.

Jika sedang lapar-laparnya aku menambahkan Pane d'Aglio yaitu beberapa potong roti baguette yang dipanggang dengan diolesi butter dan garlic. Bisa juga fettucine carbonara atau alfredo yang creamy.

dokumen pribadi







Pilihan minumannya gak kalah menggoda. Sudah banyak yang sering aku coba tapi yang paling favorit adalah Blueberry Smoothies. Dibuat dari blueberry yang masih fresh menjadikan pengalaman makan disana selalu menyegarkan. Minuman biasanya disajikan dengan gula terpisah supaya kita bisa menyesuaikan level manis yang kita mau.
 

Range Harga


Antipasti (appetizer) mulai dari 16k-38k

Zuppe (soup) mulai dari 32k-35k

Insalata (salad) mulai dari 39k-42k

Panini (sandwich) 42k

Primi Piatti (pasta) mulai dari 39k-48k

Secondi (main course) mulai dari 65k-93k

Pizza mulai dari 48k-76k

Dolci (dessert) mulai dari 19k-34k

Drinks mulai dari 8k-29k

Score


Dari rasa makanan dan minuman yang pernah aku coba, ambience nya, lokasi dan juga visualnya sudah pasti 10/10 nilainya.

Untuk reservasi tempat atau delivery service bisa menghubungi 0274-556494 atau WA ke 081337523726 untuk area utara atau 0274-450826 dan WA ke nomer 081266943697 untuk pengiriman ke wilayah selatan.

Untuk delivery dan juga take away kita bakal dapet kemasan pizza dengan logo dan gambar ikonik Nanamia seperti gambar di bawah ini...

dokumen pribadi






Kesimpulannya,


pizza yang dikenal masyarakat Indonesia sebagai makanan barat pun bisa sangat populer di kota jogja yang dikenal dengan berbagai macam makanan lokalnya. Menurutku karena Nanamia Pizzeria mempunyai satu keunikan yaitu rasa yang otentik. Sampai disini sudah bisa membayangkan datang ke tempat pizza terenak di jogja?

5 comments

  1. Ya Allah kak aku sudah ngiler sambil baca, literally pingin nyoba sekarang juga, dan jadi tahu bedanya pizza Amerika dan Italia. Keren banget

    ReplyDelete
  2. Hiks aku baca tulisannya kayak chocolatos. Btw baru tau pizza ini, tapi kalau pemiliknya orang Italia sudah dipastikan enak ya hehe. Mana dulu pernah tinggal di Jogja gatau spot makanan hits beginian. Adakah cabang di kota lain mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamamia lezatos ya mb. Hehe setauku blm ada cabang di luar jogja.. Tapi itu juga tujuannya biar mb iin maen ke jogja hahaha

      Delete
  3. Nah ini bahan masukan yang kudu dicoba, saya baca udah kenyang duluan hahahaha. Mari kita gaskeen . thanks review nya.

    ReplyDelete